Langsung ke konten utama

Mengenal tentang Komunikasi Audio

 

KOMUNIKASI AUDIO

Komunikasi audio adalah proses penyampaian informasi, pesan, atau komunikasi secara verbal melalui suara atau audio. Ini melibatkan penggunaan perangkat audio seperti mikrofon, speaker, atau perekam suara untuk mentransmisikan dan menerima pesan suara.

Dalam komunikasi audio, pesan atau informasi dikodekan dalam bentuk gelombang suara yang dapat didengar oleh penerima. Proses ini melibatkan penggunaan suara manusia atau audio rekaman yang ditransmisikan melalui saluran komunikasi tertentu, seperti telepon, webinar, konferensi audio, radio, podcast, atau platform komunikasi berbasis internet.

Komunikasi audio dapat terjadi dalam berbagai konteks, termasuk komunikasi bisnis, pendidikan jarak jauh, pertemuan atau rapat jarak jauh, presentasi, hiburan, dan sebagainya. Pentingnya komunikasi audio dalam berbagai aspek kehidupan telah meningkat secara signifikan dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan mudah di berbagai wilayah geografis.

Alat komunikasi audio adalah perangkat atau alat yang digunakan untuk menyampaikan atau menerima pesan secara verbal dalam bentuk suara. Berikut ini beberapa contoh alat komunikasi audio yang umum digunakan:

1.       Mikrofon: Alat ini digunakan untuk mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang dapat diarahkan ke perangkat perekam, penguat suara, atau sistem pengeras suara lainnya.

 

Description: mic wireless shure original SM-8,mic wireless,mic karaoke,wireless mikrofon,mik  wireless,mik karaoke,wireless microphone,mic karaoke suara jernih,vocal  suara terbaik Dual handheld wireless mic | Lazada Indonesia

Gambar 1.1 Microfon.

 

2.       Speaker: Komponen ini bertugas mengubah sinyal listrik menjadi gelombang suara yang dapat didengar oleh pendengar atau audiens.

Description: Bluetooth Speaker Aktif APolytron Single Woofer 8" | Speaker Aktif

Gambar 1.2 . Speaker.

3.       Ponsel (Telepon Seluler): Ponsel atau telepon seluler adalah alat komunikasi yang paling umum digunakan untuk berbicara atau berkomunikasi secara audio dengan orang lain melalui panggilan suara.

 

Description: 7 Merek Ponsel Jadul yang Pernah Laris di Indonesia, Mana yang Kamu Pakai?  - HiTekno.com

 

Gambar 1.3 . Ponsel

 

 

4.       Headphone: Alat ini digunakan untuk mendengarkan pesan audio secara pribadi tanpa mengganggu orang di sekitar. Headphone dapat digunakan dengan perangkat audio seperti ponsel, komputer, atau pemutar musik.

Description: Zebronics Jet PRO Premium Wired Gaming On Ear Headphone with LED for  Headband + earcups, 40mm Neodymium Drivers, 2 Meter Braided Cable, with  mic, Suspension Design, 3.5mm + USB Connector (Black, Blue) -

Gambar 1.4 . Headphone.

5.       Earphone: Mirip dengan headphone, namun earphone lebih kecil dan dimasukkan ke dalam saluran telinga.

Description: Earphones Headphones for Samsung Galaxy S20 Ultra Earphone Original Like  Wired Stereo Deep Bass Head Hands-

Gambar 1.5 . Earphone.

6.       Walkie-talkie: Alat ini digunakan untuk komunikasi dua arah dalam jarak terbatas, biasanya tanpa menggunakan infrastruktur telekomunikasi yang kompleks.

Description: Buy Artek Rechargeable Long Range Walkie Talkie 16 Channels Two Way Radio  (1 Pair), Black (Line of Sight: 1-2 Kms) Online at Low Prices in India -  Amazon.in

Gambar 1.6 . Walkie-talkie.

7.       Webinar dan Konferensi Audio: Platform atau aplikasi komunikasi yang memungkinkan komunikasi audio secara real-time melalui internet, memungkinkan peserta dari berbagai lokasi untuk berpartisipasi dalam diskusi atau presentasi.

Description: Mengenal Apa Itu Webinar, Teknologi Seminar Tanpa Tatap Muka

Gambar 1.7 . Webinar.

8.       Perekam Suara: Alat atau aplikasi yang digunakan untuk merekam suara, baik dalam bentuk perangkat perekam fisik maupun aplikasi perekam suara di ponsel atau komputer.

Description: Jual Perekam Suara Digital Voice Recorder 8GB - T60 - Kota Administrasi  Jakarta Barat - Taffware Center Id | Tokopedia

Gambar 1.8 . Recording Audio.

 

9.       Interkom: Sistem komunikasi dua arah yang digunakan dalam rumah, gedung, atau kendaraan untuk berkomunikasi antara beberapa titik.

Description: Cina Pemasok Interkom Audio Nirkabel Jarak Jauh Kustom, Produsen, Pabrik -  BCOM

Gambar 1.8 . InterCom

10.   Radio: Perangkat yang memungkinkan penyiaran dan penerimaan pesan audio melalui gelombang radio, termasuk radio AM/FM dan radio satelit.

Description: Retekess TR618 AM Radio FM Plug In Wall, 220V, Radio Gelombang Pendek  Portabel, Radio Analog dengan Penerimaan Terbaik, Mendukung SD,TF, USB,  Ideal untuk Rumah dan Orang Tua | Lazada Indonesia

Gambar 1.9 . Radio

11.   Podcasting Equipment: Alat khusus yang digunakan oleh pembuat podcast untuk merekam dan menghasilkan konten audio untuk disiarkan melalui platform podcasting.

 

Description: Ultimate Guide to Home Podcasting Equipment - Beginner to Pro! |

 

 

Itulah beberapa contoh alat komunikasi audio yang sering digunakan dalam berbagai situasi dan konteks, dari komunikasi sehari-hari hingga aplikasi profesional dan hiburan.

Tegal, Muhamad Ainurohman 24-07-2023

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Vi editor pada Linux Ubuntu Gloudshell Google

Assalamu Alaikum Wr Wb.  Pada Coretan ini, saya akan Sebutkan 4 comand yang sering digunakan SysAdmin & IT Support Dalam menulis mengedit file txt pada mode layar hitam. a.membuat file dengan vi  b.Melihat hasil vi Apa itu editor VI ?       Editor VI adalah editor teks paling populer dan klasik dalam keluarga Linux. Di bawah, adalah beberapa alasan yang menjadikannya editor yang banyak digunakan bagi yang selalu berkerja di balik layar hitam (bukan dunia hitam). Ini tersedia di hampir semua Distribusi Linux. Ini berfungsi sama di berbagai platform dan Distribusi.  Itu ramah pengguna. Karenanya, jutaan pengguna Linux menyukainya dan menggunakannya untuk  kebutuhan pengeditan mereka.       Saat ini, ada versi lanjutan dari vi editor yang tersedia, dan yang paling populer adalah VIM yaitu Vi Improved . Beberapa yang lain adalah Elvis, Nvi, Nano , dan Vile . Adalah bijaksana untuk mempelajari vi karena kaya fitur dan menawarkan kemungkinan tanpa akhir untuk mengedit file .

Apa itu CodeIgniter - MVC Framework

    CodeIgniter didasarkan pada pola pengembangan Model-View-Controller (MVC). MVC adalah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan logika aplikasi dari presentasi. Dalam praktiknya, ini memungkinkan halaman web Anda berisi skrip minimal karena presentasinya terpisah dari skrip PHP. Model mewakili struktur data Anda. Biasanya, kelas model Anda akan berisi fungsi yang membantu Anda mengambil, menyisipkan, dan memperbarui informasi dalam database Anda.  View adalah informasi yang disajikan kepada pengguna. Tampilan biasanya akan menjadi halaman web, tetapi di CodeIgniter, tampilan juga bisa menjadi fragmen halaman seperti header atau footer. Ini juga bisa berupa halaman RSS, atau jenis "halaman" lainnya.   Controller berfungsi sebagai perantara antara Model, View, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk memproses permintaan HTTP dan menghasilkan halaman web. #codeigneter #bigdata #tegal #september2021