Langsung ke konten utama

Cara mendaftar rekening pos giro mobile

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh

Tegal, Selamat menjalankan ibadah puasa sahabat blogger . Berikut bagaimana caranya mendaftar atau membuka rekening giro PT.Pos Indonesia.Langkah pertama siapkan dulu nomer handphone dan KTP  untuk proses pendaftaran online 

Berikut step by step pertama

1.Instal di play store pos Giro mobile sesuai gambar 1.0


2. Beri hak akses privileged aplikasi seperti gambar 2.0.





3. Create formulir dengan cara klik button buat acunt sesuai gambar 3.0.

Lengkapi data sesuai indentitas resmi


4. Buat pin 6 digit dan konfirmasi kembali


5.Buat password dengan nomerik dan huruf kecil besar.


Kemudian klik lanjutkan..

6.cek kode otp di inbox sms jangan di berikan ke siapapun yang mengatasnamakan pegawai atau orang .

8. Login dan top up minimal 12000 via bank berikut.




Terimakasih semoga bermanfaat..

Baca syarat ketentuan dalam bawah..


Syarat dan Ketentuan Aplikasi

    Syarat dan Ketentuan

  1. Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian Aplikasi yang ditawarkan. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna menurut hukum.
  2. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Aplikasi, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan dan merupakan sebuah perjanjian yang sah sebagaimana ditentukan oleh Kitab Undang-Undang Hukum Perdata antara Pengguna dengan Perusahaan. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Aplikasi.

    Definisi

  1. Perusahaan adalah PT Pos Indonesia (Persero).
  2. Giropos adalah layanan keuangan berbasis rekening yang dapat melakukan proses penyetoran/penyimpanan, pemindahbukuan, pembayaran dan transaksi lainnya serta penarikan yang dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan pemindahbukuan.
  3. Aplikasi yang selanjutnya disebut ‘PosGiro Mobile’ adalah platform digital berbasis rekening Giropos yang diberikan kepada pemilik rekening Giropos sehingga dapat mengakses layanan Giropos dan layanan transaksi keuangan pos lainnya secara ‘mobile’.
  4. Pelanggan adalah Pelanggan/Pemilik Rekening Giropos.

    Ketentuan Umum

  1. Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk subjek tunggal juga berlaku untuk subjek jamak dan sebaliknya, kecuali diatur dan dijelaskan secara terpisah dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk subjek maskulin juga berlaku untuk subjek feminin dan sebaliknya, kecuali diatur dan dijelaskan secara terpisah dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Judul dan keterangan hanya digunakan untuk membantu memperjelas Syarat dan Ketentuan ini sehingga tidak seharusnya mempengaruhi pengertian dari Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk suatu individu, kecuali dicatat dan dijelaskan lain, juga akan berlaku untuk pewaris, wali dan perwakilan resmi dari individu tersebut. Demikian pula, setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk suatu entitas hukum, misalnya Giropos, kecuali dicatat dan dijelaskan lain, juga akan berlaku untuk rekanan, pewaris dan perwakilan resmi dari entitas tersebut.

    Registrasi/Pembukaan Rekening Giropos

  1. Pelanggan dapat membuat dan menggunakan Rekening Giropos jika:
    1. Minimal berusia 17 tahun (untuk kategori rekening Lite)
    2. Tinggal di Indonesia
    3. Memiliki Kartu Identitas (KTP/SIM/Pasport)
    4. Menggunakan Aplikasi untuk melakukan transaksi hanya dalam Rupiah Indonesia dan bukan dalam mata uang lainnya.
  2. Menggunakan Layanan pada perangkat yang sesuai.
  3. Pelanggan hanya dapat menggunakan Aplikasi jika Pelanggan memenuhi persyaratan sebagaiamana ditentukan pada nomor 1 diatas. Apabila Pelanggan tidak memenuhi poin Nomor 1, Pelanggan dimohon untuk membatalkan upaya apa pun untuk membuat dan menggunakan rekening Giropos.
  4. Perusahaan berhak untuk segera membekukan rekening Pelanggan jika Perusahaan memiliki alasan untuk mempercayai bahwa rekening Pelanggan telah digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  5. Perusahaan berhak untuk mengenakan biaya kepada para Pelanggan Aplikasi sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang ada di Perusahaan.

    Keamanan akun/rekening Giropos

  1. Untuk membuat sebuah Akun/rekening Giropos pada Aplikasi, Pelanggan harus memberikan “Data Registrasi” kepada Perusahaan, seperti:
    1. Nama Pelanggan
    2. Identitas Diri
    3. Satu Nomor handphone yang valid dan fungsional
    4. Email
    5. Satu Password (terdiri atas minimal 6 karakter dengan kombinasi paling tidak mengandung satu huruf kecil, satu huruf besar, dan satu angka)
    6. Informasi tambahan yang diperlukan untuk memenuhi regulasi yang berlaku dan mendukung pelaksanaan Layanan Perusahaan.
  2. Data Registrasi dan informasi tambahan lainnya yang Pelanggan berikan kepada Perusahaan harus disampaikan dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan pengetahuan Pelanggan, kepercayaan Pelanggan dan kenyataan yang sebenarnya. Kesalahan dalam pemberian Data Registrasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan sendiri.
  3. Pelanggan dilarang membagikan Data Registrasi Pelanggan kepada pihak ketiga mana pun. Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan Data Registrasi Pelanggan dan bertanggung jawab atas setiap aktivitas dan transaksi yang terjadi melalui Akun milik Pelanggan, baik yang dilakukan oleh Pelanggan atau pihak ketiga mana pun.
  4. Perusahaan tidak pernah meminta password/pin/kode OTP Pelanggan untuk alasan apapun, baik melalui sms, telepon, atau media lainnya. Pelanggan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan password/pin/kode OTP Pelanggan dari pihak manapun, termasuk dari semua karyawan Perusahaan sekalipun. Jika password/pin/kode OTP Pelanggan diketahui oleh pihak lain dan karenanya terjadi penyalahgunaan akun Pelanggan, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Perusahaan.
  5. Apabila Pelanggan membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Pelanggan, Perusahaan menghimbau Pelanggan untuk:
    1. Segera hubungi Perusahaan di Halo POS 161, social media resmi Perusahaan atau melalui email halopos@posindonesia.co.id mengenai apa pun yang berkaitan dengan Pelangganan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Pelanggan
    2. Mengubah PIN secara berkala
  6. Untuk mencegah pencucian uang dan/atau pembiayaan terorisme di Indonesia, Perusahaan berhak untuk membekukan Akun Pelanggan dengan segera jika Perusahaan memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Data Registrasi atau data apa pun yang diberikan oleh Pelanggan tidak benar, dan/atau ada indikasi bahwa Akun Pelanggan telah dibajak dengan cara apa pun.
  7. Jika Pelanggan lupa password, Pelanggan dapat menekan tombol ‘Lupa Password’. Setelah menekan tombol ‘Lupa Password’, Pelanggan akan diminta memasukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui sms ke nomor handphone / email Pelanggan yang terdaftar di Aplikasi. Pelanggan wajib menjaga kerahasiaan kode OTP ini dari pihak manapun, termasuk dari semua karyawan Perusahaan sekalipun, hingga kode OTP ini selesai dipakai. Jika kode OTP Pelanggan diketahui oleh pihak lain dan karenanya terjadi penyalahgunaan akun Pelanggan, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Perusahaan.
  8. Jika Pelanggan tidak dapat mengakses Akun Pelanggan karena alasan lain selain lupa Password Pelanggan, mohon segera hubungi Perusahaan di di Halo POS 161, social media resmi Perusahaan atau menghubungi Kantorpos terdekat buat permintaan untuk membekukan Akun Pelanggan. Perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas transaksi tanpa izin/ilegal apa pun yang dilakukan dengan menggunakan Akun Pelanggan sebelum Pelanggan membuat permintaan untuk membekukan Akun Pelanggan.

    Pelangganan Akun/Rekening Giropos

  1. Pelanggan dapat melakukan transaksi setelah mengisi saldo rekening Giropos sebelumnya. Transaksi bisa dilakukan jika saldo Pelanggan mencukupi.
  2. Saldo Minimal, Setoran pertama dan Setoran lanjutan Rekening Giropos sebesar Rp. 10.000,-

    Kategori Rekening

    Rekening giropos yang dapat diakses melalui aplikasi mobile giropos terdapat dua Kategori:
  • Rekening Giropos Reguler, yaitu Rekening yang dimiliki oleh individu dimana proses KYC telah dilakukan verifikasi dan otentikasi secara fisik. Rekening Reguler tidak dibatasi jumlah saldonya.
  • Rekening Giropos Lite, yaitu Rekening yang dimiliki oleh individu/perorangan dimana proses KYC dilakukan dengan validasi data identitas diri secara elektronik. Rekening Giropos Lite diberikan pembatasan jumlah saldo maksimal sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

    Top up/Cash In Rekening Giropos

  1. Pelanggan dapat melakukan top up/cash in Rekening Giropos melalui Channel Kantorpos dan jaringan Perbankan yang sudah berkerja sama dengan Perusahaan.
  2. Tata Cara/Petunjuk top up/cash in dijelaskan melalui menu ‘Tambah Saldo’ pada Aplikasi.

    Pemberitahuan

  1. Perusahaan menyampaikan pemberitahuan kepada Pelanggan melalui media komunikasi tercepat namun tidak terbatas seperti : sms, e-mail atau media lainnya yang dapat disampaikan kepada Pelanggan.
  2. Perusahaan berhak melakukan perubahan sewaktu-waktu dengan/atau tanpa pemberitahuan atas informasi, materi, fungsi, fitur dan atau isi yang terdapat dalam Aplikasi. Akses lanjutan atas Pelangganan Aplikasi dan atau layanan yang diberikan Aplikasi lainnya, setelah perubahan tersebut akan dianggap sebagai penerimaan Pelanggan terhadap perubahan tersebut.
  3. Informasi dan materi di Aplikasi ini, termasuk namun tidak terbatas pada layanan, produk, informasi, data, teks, grafis, audio, video, link, barang atau fasilitas lainnya, disediakan oleh perusahaan didasarkan pada “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”. Informasi dan materi di dalam Aplikasi dan atau layanan Aplikasi tidak boleh dalam kondisi dianggap atau ditafsirkan sebagai tawaran atau ajakan untuk membeli produk atau layanan yang diberikan dalam Aplikasi dan atau layanan Aplikasi atau situs web lain yang terhubung ke Aplikasi ini.

    Upgrade Kategori Rekening

  1. Pelanggan dapat melakukan upgrade Kategori Rekening dari Rekening Giropos Lite ke Rekening Giropos Reguler dengan cara dating ke Kantorpos terdekat untuk melengkapi data dan identitas diri.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening Giropos secara lengkap, menunjukan dan menyerahkan foto copy Identitas Diri.

    Publikasi dan Informasi Nomor Rekening

  1. Perusahaan merahasiakan informasi nomor rekening dan semua identitas pribadi Pelanggan yang sudah terdaftar pada Core Giro System
  2. Perusahaan berhak menutup (Blokir) akun user yang ditemukan mempublikasi nomor rekening GiroPOS dengan tindakan publikasi yang menyimpang, yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku serta tindakan- tindakan yang telah disetujui dalam persetujuan dan izin Pelangganan.

    Dokumen dan Informasi

  1. Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa setiap data/informasi yang terdapat dan tercantum di dalam setiap dokumen yang diberikan oleh Pelanggan adalah benar dan akurat dalam setiap halnya, dan segala hal dan konsekuensi yang timbul dari dan atau sehubungan dengan data maupun informasi yang terdapat dan tercantum di dalam setiap dokumen tersebut menjadi tanggung jawab penuh Pelanggan.
  2. Apabila tedapat data atau informasi yang diserahkan kepada Perusahaan ternyata palsu atau tidak benar atau menyesatkan, maka Perusahaan berhak dan berwenang untuk menolak, membatalkan, membekukan dan melaporkan segala transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan tanpa perlu memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Pelanggan dalam bentuk apapun

    Etika Pelanggan dan Larangan-larangan perbuatan

  1. Pelanggan tidak akan menyadap atau mengganggu Pelanggan lainnya
  2. Pelanggan tidak dan tidak akan melanggar kekayaan intelektual, rahasia dagang, hak-hak kepemilikan
  3. Pelanggan tidak akan memfitnah, mengancam atau melecehkan dalam berkomunikasi dengan Kami atau Pelanggan lainnya
  4. Pelanggan tidak akan berlaku tidak sopan, cabul atau bertingkah laku yang tidak sesuai dengan kepatutan dalam berkomunikasi dengan Kami atau Pelanggan lainnya
  5. Pelanggan tidak akan menghasut, menghina, mengasari, atau memicu masalah ras, etnik atau kebencian agama, diskriminasi, ancaman, penganiayaan, skandal, hasutan atau hujatan dalam berkomunikasi dengan Kami atau Pelanggan lainnya
  6. Pelanggan tidak akan mengangkat dan/atau memicu perilaku yang dapat dianggap tindakan kriminal, mengakibatkan tanggung jawab perdata, atau bertentangan dengan hukum
  7. Pelanggan tidak akan menyebarkan material yang berbahaya (meliputi tanpa kecuali virus komputer/handphone, logic bombs, Trojan, worms, komponen-komponen berbahaya, data rusak atau perangkat lunak berbahaya lainnya atau data berbahaya atau bentuk kode lainnya, atau files) atau rutin pemrograman lainnya yang dapat merusak, menghancurkan, membatasi, menghambat, mengganggu, menghilangkan fungsi, mencegat atau mengambil alih fungsi dari sistem, data atau informasi personal
  8. Pelanggan tidak akan membuat kami bertanggung jawab atau merugikan Kami atas kehilangan (seluruh atau sebagian) kepemilikan atau bisnis dan
  9. Komunikasi Pelanggan dengan Kami atau Pelanggan lainnya tidak akan bersifat kampanye politik, iklan yang tidak diminta atau tanpa izin, ajakan promosional dan/atau komersial, tawaran MLM, pengiriman surat massal dan/atau bentuk “spam” apapun atau permohonan tertentu.

    Kepemilikan Kekayaan Intelektual

  1. Seluruh konten dalam Aplikasi, tidak hanya terbatas pada teks, grafik dan atau konten lainnya merupakan hak cipta yang dimiliki sepenuhnya oleh Perusahaan baik sebagian dan atau keseluruhannya, dikerjakan oleh Perusahaan dan atau pekerja-pekerjanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  2. Perusahaan selaku pemegang hak cipta atas konten dalam Aplikasi memberikan izin untuk menyalin dan mencetak secara elektronik dan atau dalam bentuk non elektronik hanya untuk dan atas perintah Perusahaan dan atau membeli produk Perusahaan.
  3. Tidak memiliki atau hak kepemilikan apapun atas Aplikasi, Aplikasi hanya diberi lisensi dan tidak dijual kepada
  4. Seluruh piranti lunak dan program Aplikasi dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah hukum Negara Republik Indonesia yang terkait dengan Hak Atas Kekayaaan Intelektual (HAKI). Perusahaan berwenang menuntut terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan terkait dengan pelanggaran HAKI baik secara perdata maupun pidana.

    Penolakan Jaminan

    Perusahaan tidak membuat pernyataan atau jaminan apapun sehubungan dengan layanan dan atau kinerja layanan pihak ketiga; termasuk tanpa terbatas pada jaminan kelayakan user atau ketersesuaian untuk tujuan tertentu.

    Ganti Rugi

  1. Pelanggan setuju untuk tidak meminta ganti rugi atas transaksi yang dilakukan oleh orang lain yang mengakses Aplikasi/akun dari smartphone yang diakibatkan oleh kelalaian sendiri.
  2. Pelanggan setuju untuk mengganti rugi, membela dan memihak Pelanggan dan/atau pihak- pihak terkait lainnya sebagai tidak bersalah dari setiap dan semua keluhan, kerugian, kerusakan, tanggung jawab, biaya dan denda, meliputi tanpa kecuali biaya dan denda hukum, yang muncul sebagai akibat dari penggunaan atau penyalahgunaan Layanan atau pelanggaran dari Syarat dan Ketentuan ini.

    Lain-lain dan Penyelesaian Sengketa

  1. Perusahaan memilih untuk menyelesaikan sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini melalui forum pengadilan yang mengikat sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap sengketa atau klaim akan diselesaikan secara individual dan tidak akan digabungkan dengan pengadilan sengketa atau keluhan dari pihak lainnya.
  2. Baik Pelanggan maupun Perusahaan berhak mencari bantuan awal atau sementara dari lembaga hukum yang kompeten di Indonesia, yang diperlukan untuk melindungi hak atau kekayaan dari Anda atau Kami, selama menunggu penyelesaian pengadilan. Semua proses peradilan akan dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia.
  3. Syarat dan Ketentuan ini akan diatur sesuai dengan hukum dan undang- undang di Indonesia. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Kami dan Anda menyetujui dan menerima bahwa setiap sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini akan diadili secara khusus hanya di bawah lembaga pengadilan yang wilayah hukumnya meliputi wilayah Indonesia.

    Lain-lain-Tidak ada Pengabaian

  1. Kegagalan, Keterlambatan atau Kelalaian Kami untuk menerapkan atau melaksanakan hak atau ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini bukan berarti pengabaian dari hak atau ketentuan tersebut. Pengabaian hak atau ketentuan apa pun pada kesempatan apa pun tidak dapat diartikan sebagai pengabaian hak atau ketentuan tersebut di masa depan.
  2. Anda menyetujui bahwa terlepas dari hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, setiap sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan penggunaan Layanan Kami atau Syarat dan Ketentuan ini harus diajukan dalam 3 (tiga) bulan sejak sengketa atau klaim tersebut muncul atau dianggap tidak sah/valid.

    Lain-lain Dualisme Hukum dan Peraturan

    Jika suatu bagian dari Syarat dan Ketentuan ini dianggap tidak valid atau tidak dapat diterapkan sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku, maka ketentuan yang tidak valid atau tidak dapat diterapkan tersebut akan digantikan dengan sebuah ketentuan lain yang valid dan dapat diterapkan yang paling sesuai dengan tujuan dari ketentuan asli dan bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku.

    Korespondensi

    Kecuali dalam kesepakatan lain, segala pemberitahuan atau komunikasi atau korespondensi lainnya yang dibuat berdasarkan, atau dengan merujuk kepada, syarat dan ketentuan ini dilakukan secara tertulis dan dikirimkan secara langsung melalui Halo Pos 161, Sosial Media milik Perusahaan dan alamat e-mail sebagai berikut giroposcare@posindonesia.co.id

    Revisi Syarat dan Ketentuan

  1. Syarat dan Ketentuan ini mungkin dimodifikasi setiap waktu dan dari waktu ke waktu, dihentikan secara sementara atau permanen (‘Direvisi’) oleh Perusahaan.
  2. Anda dapat mengecek versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan ini setiap waktu di Aplikasi.
  3. Kecuali ditetapkan oleh Perusahaan, Syarat dan Ketentuan yang Telah Direvisi akan berlaku secara otomatis dan mulai mengikat sejak hari publikasinya di Aplikasi. Dengan melanjutkan akses terhadap Aplikasi, Anda dianggap telah setuju untuk menerima dan terikat oleh Syarat dan Ketentuan yang Telah Direvisi tersebut. Jika Anda tidak setuju terhadap Syarat dan Ketentuan yang Telah Direvisi tersebut, Anda harus segera berhenti mengakses atau menggunakan Aplikasi.

Tegal, 17 Mei 2020 | Ainur

#posindonesia #posgiromobile 

Postingan populer dari blog ini

Mengenal tentang Komunikasi Audio

  KOMUNIKASI AUDIO Komunikasi audio adalah proses penyampaian informasi, pesan, atau komunikasi secara verbal melalui suara atau audio. Ini melibatkan penggunaan perangkat audio seperti mikrofon, speaker, atau perekam suara untuk mentransmisikan dan menerima pesan suara. Dalam komunikasi audio, pesan atau informasi dikodekan dalam bentuk gelombang suara yang dapat didengar oleh penerima. Proses ini melibatkan penggunaan suara manusia atau audio rekaman yang ditransmisikan melalui saluran komunikasi tertentu, seperti telepon, webinar, konferensi audio, radio, podcast, atau platform komunikasi berbasis internet. Komunikasi audio dapat terjadi dalam berbagai konteks, termasuk komunikasi bisnis, pendidikan jarak jauh, pertemuan atau rapat jarak jauh, presentasi, hiburan, dan sebagainya. Pentingnya komunikasi audio dalam berbagai aspek kehidupan telah meningkat secara signifikan dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan mudah di berbagai

Apa itu CodeIgniter - MVC Framework

    CodeIgniter didasarkan pada pola pengembangan Model-View-Controller (MVC). MVC adalah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan logika aplikasi dari presentasi. Dalam praktiknya, ini memungkinkan halaman web Anda berisi skrip minimal karena presentasinya terpisah dari skrip PHP. Model mewakili struktur data Anda. Biasanya, kelas model Anda akan berisi fungsi yang membantu Anda mengambil, menyisipkan, dan memperbarui informasi dalam database Anda.  View adalah informasi yang disajikan kepada pengguna. Tampilan biasanya akan menjadi halaman web, tetapi di CodeIgniter, tampilan juga bisa menjadi fragmen halaman seperti header atau footer. Ini juga bisa berupa halaman RSS, atau jenis "halaman" lainnya.   Controller berfungsi sebagai perantara antara Model, View, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk memproses permintaan HTTP dan menghasilkan halaman web. #codeigneter #bigdata #tegal #september2021 

Cara Menggunakan Vi editor pada Linux Ubuntu Gloudshell Google

Assalamu Alaikum Wr Wb.  Pada Coretan ini, saya akan Sebutkan 4 comand yang sering digunakan SysAdmin & IT Support Dalam menulis mengedit file txt pada mode layar hitam. a.membuat file dengan vi  b.Melihat hasil vi Apa itu editor VI ?       Editor VI adalah editor teks paling populer dan klasik dalam keluarga Linux. Di bawah, adalah beberapa alasan yang menjadikannya editor yang banyak digunakan bagi yang selalu berkerja di balik layar hitam (bukan dunia hitam). Ini tersedia di hampir semua Distribusi Linux. Ini berfungsi sama di berbagai platform dan Distribusi.  Itu ramah pengguna. Karenanya, jutaan pengguna Linux menyukainya dan menggunakannya untuk  kebutuhan pengeditan mereka.       Saat ini, ada versi lanjutan dari vi editor yang tersedia, dan yang paling populer adalah VIM yaitu Vi Improved . Beberapa yang lain adalah Elvis, Nvi, Nano , dan Vile . Adalah bijaksana untuk mempelajari vi karena kaya fitur dan menawarkan kemungkinan tanpa akhir untuk mengedit file .