Langsung ke konten utama

Pentingnya Verifikasi Kartu Simcard 4G dan 5G mengunakan Nik Untuk menghindari Penipuan.

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Pada Kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman pribadi adik saya sebagai narasumber yang sudah penulis ikuti History peretas meminta OTP Oneclik dan Nomer Kartu Seri.

Denpasar -Bali , Belakangan ini, penipuan melalui whatshap berpura pura sebagai pembeli online . Modus penipuan itu mulai dari meminta kode one time password (OTP), Meminta kode seri ATM hingga memakai fitur pengalihan panggilan (call forward). Adik saya salah satu korban Calon Pembeli mengunanan fasilitas Oneclik yang di miliki oleh aplikasi auto debet otomatis yang di sediakan gojek.

Peretas mengelabui korban menggunakan metode pesan singkat whashap dan mengirimkan bukti tranfer screnshot yang sudah di edit seakan valid padahal isinya terdapat sesuatu yang membahayakan. Korban tidak sadar bahwa dia digiring untuk memberikan akses pada peretas. Dari memulai memberikan nomer seri kartu BCA untuk di masukan ke fasilitas oneclik sampai mengirim Kode OTP . Peretas tersebut menghubungi kembali untuk meminta kode OTP dengan alasan kode itu kode verifikasi tranfer. Namun sebenernya itu adalah kode OTP verifikasi untuk setuju mengunakan fasilitas oneclik yang disediakan gojek untuk auto debet ke kartu si Korban.




Untungnya, Adik saya langsung tak arahkan untuk memblokir kartu dan menghubungi HaloBca untuk menonaktifkan fasilitas Oneclik Gopay yang di daftarkan si peretas. Dan keesokan harinya langsung menganti kartu BCA barunya, maraknya kasus penipuan disebabkan oleh literasi keuangan digital masyarakat yang rendah. “Misalnya, belum banyak yang sadar kalau OTP itu sesungguhnya sama pentingnya seperti PIN ATM," “sumber Katadata.co.id.” 



 


Dikutip dari Website katadata sebagai berikut Menurutnya, hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi pemangku kepentingan di industri layanan keuangan digital, termasuk perusahaan fintech. Masyarakat, kata dia, harus terus mendapat literasi keuangan digital. SVP Strategic Partnerships DOKU Alison Jap sempat menyampaikan, kode OTP merupakan infrastruktur keamanan yang paling mudah dilakukan dan terpercaya. Di satu sisi, ia memahami bahwa literasi digital masyarakat Indonesia belum begitu baik. Alhasil, banyak yang memberikan kode OTP kepada orang lain. Infrastruktur lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan layanan dompet digital yakni biometrik. Namun, perusahaan harus mengajukan izin dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Datanya sudah ada, tetapi akses ke Dukcapil yang tidak mudah. Apalagi kalau startup-nya skala kecil,” kata dia beberapa waktu lalu. Namun, ia memahami bahwa ketatnya perizinan tersebut mempertimbangkan sisi keamanan data masyarakat.


Harapan kami sebagai pengguna aplikasi serupa adalah fasilitas verikasi penggunaan tersebut dapat di pertanggung jawabkan baik penerbitan virtual acunt bank mengunakan nomer hp provider harusnya sudah memenuhi standar operasional dimana nomer provider tersebut sudah di daftarkan NIK untuk menggunakan fasilitas oneclik di gopay. Jadi ada privileges hak akses untuk penggunaan fasilitas perbankan di perusahaan fintect tersebut.



Nah, itulah cara mengantisipasi modus penipuan semoga bermanfaat.




Terima Kasih atas kunjungan di blog ini.


Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

#oneclik #gopay #bca #penipuan #OTP #blog


Jakarta Selatan, 20 Januari 2020

Postingan populer dari blog ini

Mengenal tentang Komunikasi Audio

  KOMUNIKASI AUDIO Komunikasi audio adalah proses penyampaian informasi, pesan, atau komunikasi secara verbal melalui suara atau audio. Ini melibatkan penggunaan perangkat audio seperti mikrofon, speaker, atau perekam suara untuk mentransmisikan dan menerima pesan suara. Dalam komunikasi audio, pesan atau informasi dikodekan dalam bentuk gelombang suara yang dapat didengar oleh penerima. Proses ini melibatkan penggunaan suara manusia atau audio rekaman yang ditransmisikan melalui saluran komunikasi tertentu, seperti telepon, webinar, konferensi audio, radio, podcast, atau platform komunikasi berbasis internet. Komunikasi audio dapat terjadi dalam berbagai konteks, termasuk komunikasi bisnis, pendidikan jarak jauh, pertemuan atau rapat jarak jauh, presentasi, hiburan, dan sebagainya. Pentingnya komunikasi audio dalam berbagai aspek kehidupan telah meningkat secara signifikan dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan mudah di berbagai

Apa itu CodeIgniter - MVC Framework

    CodeIgniter didasarkan pada pola pengembangan Model-View-Controller (MVC). MVC adalah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan logika aplikasi dari presentasi. Dalam praktiknya, ini memungkinkan halaman web Anda berisi skrip minimal karena presentasinya terpisah dari skrip PHP. Model mewakili struktur data Anda. Biasanya, kelas model Anda akan berisi fungsi yang membantu Anda mengambil, menyisipkan, dan memperbarui informasi dalam database Anda.  View adalah informasi yang disajikan kepada pengguna. Tampilan biasanya akan menjadi halaman web, tetapi di CodeIgniter, tampilan juga bisa menjadi fragmen halaman seperti header atau footer. Ini juga bisa berupa halaman RSS, atau jenis "halaman" lainnya.   Controller berfungsi sebagai perantara antara Model, View, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk memproses permintaan HTTP dan menghasilkan halaman web. #codeigneter #bigdata #tegal #september2021 

Cara Menggunakan Vi editor pada Linux Ubuntu Gloudshell Google

Assalamu Alaikum Wr Wb.  Pada Coretan ini, saya akan Sebutkan 4 comand yang sering digunakan SysAdmin & IT Support Dalam menulis mengedit file txt pada mode layar hitam. a.membuat file dengan vi  b.Melihat hasil vi Apa itu editor VI ?       Editor VI adalah editor teks paling populer dan klasik dalam keluarga Linux. Di bawah, adalah beberapa alasan yang menjadikannya editor yang banyak digunakan bagi yang selalu berkerja di balik layar hitam (bukan dunia hitam). Ini tersedia di hampir semua Distribusi Linux. Ini berfungsi sama di berbagai platform dan Distribusi.  Itu ramah pengguna. Karenanya, jutaan pengguna Linux menyukainya dan menggunakannya untuk  kebutuhan pengeditan mereka.       Saat ini, ada versi lanjutan dari vi editor yang tersedia, dan yang paling populer adalah VIM yaitu Vi Improved . Beberapa yang lain adalah Elvis, Nvi, Nano , dan Vile . Adalah bijaksana untuk mempelajari vi karena kaya fitur dan menawarkan kemungkinan tanpa akhir untuk mengedit file .